Studi Insentif Finansial untuk Meningkatkan Kinerja Penatalayanan Air yang Baik

Posted: 15-12-2021


Studi Insentif Finansial untuk Meningkatkan Kinerja Penatalayanan Air yang Baik

Penatalayanan air yang baik, seperti yang didefinisikan oleh Standar Alliance for Water Stewardship, bertujuan untuk menciptakan manfaat bersama pada skala, yaitu di daerah tangkapan air, lanskap atau tingkat yurisdiksi. Melalui penerapan tindakan penatalayanan air yang baik dan kredibel, perusahaan dan pemangku kepentingan utama lainnya di daerah tangkapan air dapat berkontribusi pada upaya produksi dan perlindungan yang berkelanjutan. Namun, menjadi jelas bahwa wawasan mengenai insentif keuangan yang ada dan potensial di masa depan serta mekanisme pendanaan lainnya untuk inklusi dan penyerapan dari penatalayanan air yang baik masih kurang.

Sebagai bagian dari project ISEAL Innovations Fund ‘Boosting sustainability practice and performance at the landscape level through good water stewardship’ AWS Indonesia, bekerja sama dengan para peneliti dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia memulai studi untuk mengeksplorasi potensi-potensi keuangan insentif dan mekanisme pendanaan untuk mendukung pemanfaatan yang lebih baik dari penatalayanan air yang baik di Indonesia.

Studi ini menggabungkan studi pustaka dan masukan-masukan dari para ahli untuk mengidentifikasi mekanisme pendanaan yang sangat potensial dan skema insentif keuangan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan sumber daya air dan lingkungan di Indonesia, dengan menekankan pada yang mudah diakses oleh sektor swasta. Masukan para ahli diperoleh melalui serangkaian wawancara dan FGD (dari 22 November hingga 14 Desember 2021), yang melibatkan beberapa pemangku kepentingan pemerintah pusat dan daerah, lembaga keuangan internasional dan Indonesia serta organisasi internasional lain yang terlibat atau berperan dalam program penatalayanan air.

Hasil studi ini dimaksudkan untuk memberikan dan menyediakan informasi serta peluang mengenai mekanisme keuangan dan insentif bagi pemerintah kabupaten, perusahaan, dan petani kecil untuk mendukung penyerapan dan investasi bersama dalam penatalayanan air yang baik di Indonesia. Studi ini diperkirakan akan diterbitkan pada Juli 2022.

Ingin tahu lebih banyak mengenai project ini? Silahkan hubungi Fany Wedahuditama (Bapak): Fany@a4ws.org

Studi ini dapat dilaksanakan berkat hibah dari ISEAL Innovations Fund yang didukung oleh Swiss State Secretariat for Economic Affairs SECO