Kelompok Kerja Penatalayanan Air Indonesia (Indonesia Water Stewardship Working Group (IWSWG))

Posted: 08-02-2021


Kelompok Kerja Penatalayanan Air Indonesia (Indonesia Water Stewardship Working Group (IWSWG))

Penatalayanan air yang baik, sebagaimana didefinisikan oleh Standar Alliance for Water Stewardship (AWS),  memberikan kesempatan untuk menuju praktik penatalayanan air yang baik, baik di tingkat wilayah operasional maupun daerah tangkapan air. Penatalayanan air yang baik mendukung lima keluaran, yaitu Tata kelola air yang baik, Neraca air yang berkelanjutan, Status kualitas air yang baik, Perlindungan Kawasan-kawasan Penting terkait Air, Air bersih, sanitasi dan kebersihan (WASH) yang aman untuk semua. Tata kelola air dan kolaborasi multi-pemangku kepentingan adalah bagian tidak terpisahkan dari Standar AWS. Meskipun sebagian besar skema standar keberlanjutan berfokus pada tindakan di  tingkat wilayah operasional, Standar AWS sudah di bangun di sekitar konsep aksi-aksi di tingkat wilayah operasional dan daerah tangkapan air.

Dikarenakan munculnya kesadaran bahwa perlu adanya respon terhadap meningkatnya resiko terkait penggunaa air baik tingkat wilayah operasional maupun daerah tangkapan air, Standar AWS melihat peningkatan penggunaan standar AWS oleh banyak perusahaan di dunia dan hingga saat ini lebih dari 110 wilayah operasional telah disertifikasi AWS di seluruh dunia.

Adanya kebutuhan untuk meningkatkan penatalayanan air yang baik untuk skala di Indonesia. Kita perlu mengeksplorasi cara-cara terbaik untuk mencapai hal tersebut, perlu ada penyesuaian dengan konteks Indonesia dan lansekap tata kelolanya. Oleh karena itu, kami menginisiasi pembentukan sekelompok profesional yang memiliki komitmen yang sama terhadap pengelolaan air yang baik di Indonesia dan dapat mendukung kami dalam perjalanan ini melalui: Kelompok Kerja Penatalayanan Air atau Indonesia Water Stewardship Working Group (IWSWG). 

MENGAPA HARUS MENJADI BAGIAN DARI IWSWG?

IWSWG adalah kelompok informal multi-pihak, terdiri dari kumpulan profesional (terkait air) dari badan pemerintah, sektor swasta, akademisi, Organisasi kemasyarakatan dan LSM yang memiliki kepentingan yang sama untuk meningkatkan pengelolaan sumber daya air di Indonesia

Anda akan memiliki kesempatan untuk memberikan kontribusi sesuai dengan keahlian Anda dan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai penatalayanan air yang baik, dapat belajar mengenai Standar dan Panduan AWS, serta menjadi bagian dari kelompok profesional yang berkomitmen untuk mendukung penatalayanan air yang baik di Indonesia. Bersama kelompok ini Anda akan bersama-sama mengeksplorasi bagaimana cara mendukung para pengguna air di Indonesia menuju penatalayanan air yang baik, untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. 

SIAPA YANG KAMI CARI?

Warga negara Indonesia yang memiliki:

  • rekam jejak setidaknya 10 tahun pengalaman kerja dan memiliki pengetahuan tentang pengelolaan sumber daya air dan lingkungan, tata kelola air, hukum terkait air dan lingkungan, hak asasi manusia yang terkait dengan air dan sumber daya alam, WASH, ekosistem, dan standar lingkungan (nasional dan internasional) di Indonesia;
  • dorongan yang kuat untuk mendukung pengelolaan air dan penatalayanan air yang baik di Indonesia;
  • pengalaman bekerja dalam pembangunan berkelanjutan dan lebih disukai dengan standar lingkungan;
  • kesediaan untuk berkomitmen sebagai Anggota Kelompok Kerja (IWSWG) setidaknya selama satu tahun, dan menghadiri 5 pertemuan dan setidaknya 2 wawancara per anggota pada tahun 2021.

Informasi lebih lanjut tentang IWSWG dapat ditemukan di leaflet ini dan Kerangka Acuan.

TERTARIK UNTUK BERGABUNG?

Kirimkan ketertarikan Anda ke Sdri. Dede Krishnadianty: dede@a4ws.org, paling lambat tanggal 22 Februari  2021.