Dari IWSWG Menuju Indonesia Water Stewardship (IWS) Network - Meningkatkan Kolaborasi dalam Penatalayanan Air di Indonesia

Posted: 24-02-2022


Dari IWSWG Menuju Indonesia Water Stewardship (IWS) Network  - Meningkatkan Kolaborasi dalam Penatalayanan Air di Indonesia

Anggota Indonesia Water Stewardship Working Group (IWSWG) yang diterdiri dari sektor swasta, badan sertifikasi, badan penilaian kesesuaian, akademisi, LSM serta pemerintah/semi-pemerintah telah melakukan serangkaian kegiatan diskusi mengenai kontekstualisasi Dokumen Panduan Standar Alliance for Water Stewardship (AWS) sepanjang tahun 2021 supaya dapat lebih sesuai dengan penerapannya di Indonesia.

Yayasan AWS Indonesia terus mendukung IWSWG dalam mencapai visi dan misinya, dan dalam memajukan penatalayanan air yang baik di Indonesia. Melalui Workshop online pada hari Jumat, 18 Februari 2022 lalu, para anggota berkumpul untuk mengeksplorasi dan menentukan capaian strategis dalam menerapkan penatalayanan air terkait penggunaan air yang baik di Indonesia. Workshop ini merupakan bagian dari project ISEAL Innovations Fund ‘Boosting sustainability practice and performance at the landscape level through good water stewardship’.

Dalam pertemuan workshop ini dilakukan pembahasan mengenai kondisi penatalayanan air di Indonesia serta poin-poin penting yang diperlukan untuk pengembangan peta jalan menuju penatalayanan air yang baik di Indonesia, yang mana juga disepakati bersama yaitu adanya perubahan bentuk dari Kelompok Kerja menjadi Jejaring.

“Awalnya IWSWG sebatas hanya melakukan kontekstualisasi bagaimana Standar AWS ini bisa diadopsi dan dilakukan di Indonesia, harapan kedepannya yaitu lebih banyak lagi aksi-aksi bagaimana Standar AWS bisa diterapkan, sehingga diperlukannya pembentukan Jejaring serta kolaborasi bekerjasama dengan forum-forum lainnya” - Sahroel Polontalo, Komunitas Ciliwung Depok.

Hal serupa dikuatkan oleh Bapak Agus Haryanto dari WWF Indonesia yang mengatakan “Diperlukannya ciri khas dari Jejaring ini yang menjadi perhatian banyak pihak serta pemerintah, salah satunya adalah fokus pada penatalayanan air di Indonesia dengan memberikan dampak hasil yang bermanfaat dan berguna untuk pelaksanaan kedepannya” serta Ibu Anindrya Nastiti, Researcher and Lecturer, Institut Teknologi Bandung (ITB) “Saya berharap bahwa Jejaring Penatalayanan Air Indonesia dapat berkontribusi dalam isu keberlanjutan terkait air di Indonesia”.

Dengan kesempakatan bersama bahwa fokus utama Jejaring ini adalah pengadopsian dan penerapan standar AWS di Indonesia, maka dalam waktu dekat akan dilakukan analisa singkat terkait konsep dasar pembentukan Jejaring Indonesia Water Stewardship dan bentuk skema serta strukturisasi.

 “Jejaring ini cukup spesifik dan jelas, semoga bisa konsisten dipantau serta dijalankan sehingga mendapatkan output yang diinginkan” - Marsha Himawan, IDEP Foundation.

Kontak Direktur Eksekutif Yayasan AWS Indonesia, (Bapak) Fany Wedahuditama: Fany@a4ws.org untuk informasi selengkapnya.